Pusat Ilmu Secara Detil

Mengapa adsense tidak muncul di Firefox

Mengapa adsense tidak muncul di Firefox

google adsense tidak muncul di firefox
Mungkin dari sobat blogger yang sudah berhasil mendaftarkan blognya ke google adsense dan sudah berhasil atau sudah lama menjadi publisher dari google adsense bahkan sudah beberapa kali PO. Namun akhir-akhir ini terasa pendapatan adsense mulai ngedrop, padahal kalau di cek google analytics atau hitstat, jumlah pageviews dan visitor masih terbilang tinggi. Sudah mengikuti saran-saran dari berbagai forum, apakah pemasangan iklan dibawah judul postingan, diakhir postingan dan berbagai tips-tips lainnya. Namun, pendapatan adsense tetap rendah, tidak seperti biasanya.

Hampir bisa dipastikan semua dari kita yang rajin-rajin memposting suatu konten artikel, tentunya ingin mencoba peruntungan dalam menjadi publisher suatu iklan. Bahkan berbagai teknik SEO (Search Engine Optimization) diterapkan demi mendapatkan visitor, dan juga berharap selalu nangkring dihalaman pertama mesin pencari google. Sehingga dengan banyaknya visitor dan pageviews ada peluang besar dalam mendapatkan pendapatan besar dari iklan, seperti dari google adsense.

Tapi apakah sobat blogger merasa akhir-akhir ini pendapatan dari adsense menjadi menurun. Padahal sobat blogger sudah mengecek data pada google analytics : visitor tinggi, pageviews tinggi dan bounce rate rendah..namun pendapatan iklan adsense menurun.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi penurunan pendapatan adsense kita, tapi berita yang teraktualnya adalah karena masalah tracking protection in private browsing yang diterapkan pada browser firefox. 

Perhatikan tabel statistik pengguna browser dibawah ini yang bersumber dari w3school.com :
2015ChromeIEFirefoxSafariOpera
December68.0 %6.3 %19.1 %3.7 %1.5 %
November67.4 %6.8 %19.2 %3.9 %1.5 %
October66.5 %6.9 %20.0 %3.8 %1.4 %
September65.9 %7.2 %20.6 %3.6 %1.4 %
August64.0 %6.6 %21.2 %4.5 %2.2 %
July63.3 %6.5 %21.6 %4.9 %2.5 %
June64.8 %7.1 %21.3 %3.8 %1.8 %
May64.9 %7.1 %21.5 %3.8 %1.6 %
April63.9 %8.0 %21.6 %3.8 %1.5 %
March63.7 %7.7 %22.1 %3.9 %1.5 %
February62.5 %8.0 %22.9 %3.9 %1.5 %
January61.9 %7.8 %23.4 %3.8 %1.6 %
(Sumber : w3school.com)

Dari tabel tersebut, kita dapat melihat bahwa setelah google chrome, firefox adalah browser urutan kedua yang paling banyak digunakan.

Lalu apa hubungannya dengan google adsense ?

Bagi sobat blogger yang telah menjadi publisher adsense, coba buka blog/web anda di browser chrome. Disini saya contohkan salah satu blog saya yang saya buka pada browser google chrome seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.1 dibawah ini :
Gambar.1
Tentunya iklan akan tampil dengan sempurna. Seperti yang anda lihat, iklan muncul dibawah judul postingan dan disamping kiri.

Sekarang saya akan mencoba blog pada browser firefox seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.2, dengan url yang ama seperti yang saya uji pada google chrome.
Gambar.2
Anda perhatikan Gambar.2, iklan yang saya pasang dibawah judul postingan tidak mucul dan iklan disebelah kiri hanya menampilkan blank area. Hal ini berkebalikan dengan browser google chrome.

Kenapa iklan adsense tidak muncul di firefox ?
Sejak november 2015, telah dirilis suatu fitur yang bernama Tracking protection. Coba perhatikan Gambar.2, sisi atas kanan yang saya tandai dengan warna merah. Itulah fitur tracking protection yang berjalan secara default pada browser  firefox.

Tanpa kita sadari, saat kita berselancar di dunia maya, kadang ada halaman web yang mengumpulkan informasi kebiasaan browsing entah itu untuk menambah experience saat kita browsing atau untuk keperluan komersil. Dengan diterapkannya fitur tracking protection, tentunya akan memblokir pengumpulan informasi tentang aktivitas browsing kita.

Menurut pihak Mozilla, fitur ini juga dapat memblokir terhadap konten iklan, pelacak analis seperti memasang hitstats. Nah ini berita yang kurang bagusnya bagi kita sebagai publisher sebuah iklan.

Untuk mendisable fitur tracking protection, kita cukup klik pada bagian fitur tersebut dan klik tombol disable protection for this session seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.3
Gambar.3
Tentunya semua pengguna browser firefox pasti ingin fitur tracking protection tetap aktif, sehingga aktivitas browsing tidak ditrack. Bagi para publisher adsense, tentunya peluang untuk mendapat icome dari iklan menjadi berkurang dari visitor yang menggunakan browser firefox.

Jadi itulah salah satu yang menyebabkan pendapatan adsense kita menjadi menurun, akibat aktifnya secara default tracking protection pada browser firefox, sehinga iklan adsense tidak dapat muncul.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments